logo loading

Pemprov Papua

Ada Wacana Pemprov Papua Undang Investasi Energi Bersih

Senin, 27 Mei 2024 Jayapura 245 Pengunjung

Ada Wacana Pemprov Papua Undang Investasi Energi Bersih

Caption : Forum Diskusi Energi Bersih yang digagas Pemprov Papua (foto : ist)

JAYAPURA (IUSTITIA PAPUA)  - Pemerintah Provinsi Papua mewacanakan mengundang berbagai investasi di bidang energi bersih, seperti hidrogen maupun tenaga panel surya.

 Pasalnya saat ini konsumsi listrik di Papua dinilai masih sangat rendah, karena belum banyak penggunaannya di bidang bisnis dan industry. Namun ada peluang perdagangan energi yang terbuka lebar.

 Kesemuanya ini bisa diupayakan jika ada kerja sama antara pemerintah provinsi-kabupaten, mitra pembangunan,  BUMN/BUMD, swasta dan masyarakat adat.  

"Sementara untuk mewujudkan dibutuhkan wadah bertemu dan berkomitmen seperti forum energi yang beberapa waktu proses sudah terbentuk. Pada Lokakarya Pra Pembentukan Forum Energi di Papua yang telah dibuka bapak Gubernur," terang Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Papua, Jeri A. Yudianto, baru – baru ini.

 Nantinya forum bersepakat dan dapat bekerja bersama sebagai satu komunitas dalam ekosistem energi di Papua.

Wadah ini kemudian menjadi pembelajaran penting bagi pemerintah di daerah otonomi baru di wilayah ini. baik di Selatan, Pegunungan dan Tengah.

 Adapun tujuan utama dari rangkaian kegiatan pembentukan forum energi, diantaranya membangun pemahaman untuk mengakomodasi aspirasi dan melibatkan para pemangku kepentingan energi.

"Forum energi Papua juga menjadi wadah dalam pembahasan terkait ekosistem energi di Papua, efektivitas implementasi rencana umum energi daerah (RUED) dan keberadaan platform multistakeholder di wilayah kita," terang Jeri, mengutip pernyataan Pj Gubernur Papua M Ridwan Rumasukun.

Selain itu juga, kerjasama dalam mengembangkan energi berkelanjutan di wilayah Papua, merupakan langkah maju yang patut diapresiasi.

Diharapkan  forum ini dapat, menjadi wadah yang produktif dan bermanfaat untuk bersama – sama memajukan energi berkelanjutan di Bumi Cenderawasih. (Julia)




Penulis : Editor Iustitia