logo loading

Polkam

Alasan Keamanan Surat Suara Ke Intan Jaya Belum Didroping

Senin, 22 Januari 2024 Jayapura 639 Pengunjung

Alasan Keamanan Surat Suara Ke Intan Jaya Belum Didroping

Ketua KPUD Papua Tengah Jenifer Darling Tabuni berpose bersama Komisioner KPU dan Pj Gubernur Ribka Haluk

NABIRE (IUSTITIA PAPUA) - Ketua KPUD Provinsi Papua Tengah, Jennifer Darling Tabuni mengakui pihaknya menemui beberapa kendala di lapangan terkait pendistribusian logistic.

 Kendala yang dihadapi terkait surat suara khusus Caleg DPR Provinsi dan Kabupaten belum tiba di Mulia khusus untuk Kabupaten Puncak Jaya.

 Selanjutnya khusus surat suara DPRD Kabupaten Mimika baru akan tiba dua hari lagi. Sedangkan  surat suara ke Kabupaten Intan Jaya masih tertahan dan belum bisa dikirim dari Nabire.

“Untuk Puncak Jaya kendalanya akibat adanya jalan yang terputus, akan tetapi posisi surat suara yang berada di Karubaga Kabupaten Tolikara akan segera diangkut dengan pesawat. Untuk surat suara DPRD Mimika, masih dalam pengiriman dan diperkirakan 2 hari lagi tiba. Sedangkan Kabupaten Intan Jaya, belum bisa kita kirim logistic surat suara lantaran adanya gangguan keamanan,”ungkapnya.

 Lanjutnya ada beberapa surat suara yang rusak ketika di sortir dan saat ini proses pengadaan sebagai pengganti sudah dilakukan. Kemudian ada juga proses pemilihan Komisioner KPUD untuk 4 kabupaten di Provinsi Papua Tengah yang sedang berjalan.

“Untuk surat suara yang rusak dalam waktu dekat penggantinya akan tiba. Tadi kami juga sudah sampaikan untuk SDM Komisioner KPUD tingkat kabupaten sudah 4 daerah dilantik komisoinernya. Sedangkan untuk Mimika, Deiyai, Paniai dan Intan Jaya masih dalam proses pemilihan, sebab masa jabatannya akan berakhir,” jelasnya.

  Terungkap juga untuk anggota PPD yang sempat terindikasi sebagai Caleg. Namun telah dibersihkan dan saat ini penyelenggara di tingkat PPD sudah netral.  “Lalu untuk ujung tombak KPU yakni KPPS, tadi kami sampaikan agar perangkat pemerintah atau ASN di daerah bisa menjadi KKPS untuk membantu kami,”pungkasnya. (Julia)

 



Penulis : Editor Iustitia