logo loading

Ekonomi dan Bisnis

BEI Perwakilan Papua Gencar Promosi Produk Pasar Modal Syariah

Kamis, 28 Maret 2024 Jayapura 262 Pengunjung

JAYAPURA (IUSTITIA PAPUA) - Tingkatkan minat investasi pada produk pasar modal syariah. Bursa Efek Indonesia Kantor Perwakilan Papua menggelar Webinar Safari Ramadan bekerjasama dengan Kantor Otoritas Jasa Keuangan Papua, PT Phintraco Sekuritas, PT Phillip Sekuritas Indonesia, dan Galeri Investasi di Wilayah Papua.

 Seperti yang dijelaskan Kresna A. Payokwa selaku Kepala Kantor BEI Perwakilan Papua,  kegiatan ini dilaksanakan secara daring sehingga dapat diakses secara merata oleh masyarakat Papua.  “Terbagi dalam dua gelombang dengan target peserta sebanyak 500 peserta. Topik yang diangkat seputar isu keamanan dalam investasi di pasar modal syariah, serta alternatif saham syariah yang dapat menjadi pilihan investasi bagi masyarakat Papua,”jelasnya.

 Lanjutnya kegiatan ini BEI Papua juga memberikan doorprize yang menarik bagi peserta berupa top up ke rekening saham bagi peserta webinar.

”Sebagaimana kita ketahui bersama, saat ini bermunculan banyak penawaran investasi berkedok investasi kekinian, dengan karakteristik mudah di akses, praktis, serta menawarkan imbal hasil tinggi dan minim resiko, namun banyak diantaranya yang tidak memiliki model bisnis dan underlaying asset yang jelas. Tentunya hal ini sangat beresiko bagi masyarakat yang ingin berinvestasi,”paparnya.

 Oleh karena itu bagi generasi muda yang hidup di era digital, perlu dibekali dengan informasi terkait produk investasi yang halal, aman dan nyaman serta diregulasi oleh lembaga yang legal juga.

  Pasalnya produk pasar modal syariah tidak hanya dikhususkan bagi investor dari kalangan muslim saja.  ”Sebagai contoh bursa saham di negara-negara Eropa seperti Inggris misalnya, juga memiliki produk investasi syariah yang sangat diminati investor di Inggris yang notabene dari kalangan non muslim,”jelasnya.

 Dalam hal memilih investasi tentunya faktor utama adalah bagaimana potensi imbal hasil dari produk tersebut. “Sejauh ini tingkat imbal hasil investasi di produk pasar modal syariah di tanah air juga cukup menjanjikan,”selanya,

 Menurut data laporan kegiatan Galeri Investasi wilayah Papua di sepanjang tahun 2023 telah melakukan sebanyak 136 kegiatan edukasi pasar modal.

Dengan menghasilkan 446 investor baru, dan total nilai transaksi sebesar Rp 10.9 Milyar. Hal ini menunjukkan bahwa minat generasi muda Papua untuk berinvestasi di pasar modal masih cukup tinggi dan mengalami pertumbuhan yang konsisten. (Julia)


Penulis : Editor Iustitia