logo loading

Kesehatan

BPJS Kesehatan Hadir di Mal Pelayanan Publik Untuk Berikan Kemudahan Bagi Masyarakat

Kamis, 25 Juli 2024 Jayapura 95 Pengunjung

BPJS Kesehatan Hadir di Mal Pelayanan Publik Untuk Berikan Kemudahan Bagi Masyarakat

Direktur Kepesertaan BPJS Kesehatan, David Bangun saat menyapa Peserta BPJS JKN yang mengurus BPJS di Mal Pelayanan Publik Kota Jayapura

JAYAPURA (IUSTITIA PAPUA) – Direktur Kepesertaan BPJS Kesehatan, David Bangun mengaku ada dua hal terkait kunjungannya ke Jayapura, ibukota Provinsi Papua. Pertama BPJS merayakan ulang tahun yang ke 56. Dimana para direksi melakukan kunjungan ke beberapa daerah dan salah satunya ke Mal Pelayanan Publik (MPP) milik Pemkot Jayapura.

 “Dimana Pemkot Jayapura sudah meluncurkan Mal Pelayanan Publik dan kami hadir disini. Jadi perlu kami informasikan bahwa kami dari BPJS Kesehatan selalu memprioritaskan agar kami hadir di mal pelayanan public, sehingga memberikan kemudahan bagi Masyarakat yang membutuhkan layanan informasi ataupun perubahan, perbaikan data serta mendaftarkan anggota keluarga maupun dirinya sendiri. Terkait dengan layanan JKN BPJS,”jelasnya menjawab pertanyaan redaksi saat melakukan Direksi – Dewas Supervisi Mal Pelayann Publik (DINAMIK) di MPP Kawasan Kelapa Dua Entrop, Kota Jayapura. Kamis (25/7/2024).

 Untuk itu pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Papua dan Pemkot Jayapura yang sudah memfasilitasi untuk bisa memberikan pelayanan JKN di pelayanan public ini.

 Dari hasil supervisi ini, dimana sejauh ini banyak sekali Masyarakat yang mungkin lebih dekat ke MPP Jayapura. Sementara Kantor BPJS ada di Abepura. Sehingga beberapa Masyarakat lebih merasa nyaman, jika mendapatkan pelayanan di MPP.

 Dirinya berharap bersama – sama dengan pemerintah setempat, untuk lebih menginformasikan kepada Masyarakat. Agar semua Masyarakat paham bahwa MPP sudah tersedia. Karena sekali berkunjung disini, berbagai layanan bisa langsung dilayani. Bukan hanya BPJS saja, melainkan dukcapil, imigrasi dan lainnya.  

 Saat ini diseluruh kabupaten/kota di Papua Raya, BPJS hadir. Sehingga dirinya meminta dukungan dari pemerintah, agar kalau bisa sampai di level desa/kampung juga dilakukan BPJS online. Dimana Masyarakat bisa berhubungan dengan petugas BPJS untuk melakukan kepentingan administrasi. Menggunakan layanan online seperti zoom.

 “Walaupun kami sudah ada di seluruh kabupaten. Tetapi kabupaten di Papua sangatlah luas. Sehingga tetap dibutuhkan sampai di level desa. Tentunya ini dengan dukungan dari pemerintah daerah, pemerintahan desa untuk menyediakan fasilitas BPJS online. Dimana petugas kami akan melayani Masyarakat melalui zoom,”jelasnya.  



BPJS Berikan Kemudahan

 Diketahui kunjungan Direktur Kepesertaan BPJS Kesehatan, David Bangun ke Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Jayapura, dilakukan untuk melihat pelayanan yang diberikan BPJS Kesehatan, dihadirkan dalam konsep satu atap.

  MPP yang berada di Kota Jayapura ini menjadi satu-satunya yang ada di tanah Papua. Dengan adanya layanan satu atap ini, David berharap dapat mempermudah akses masyarakat terhadap layanan kesehatan dan layanan administrasi lainnya.

"Urgensi keterlibatan BPJS Kesehatan dalam layanan MPP ini sebagai upaya dalam memberikan kemudahan dan meningkatkan kecepatan, kenyamanan, dan keamanan bagi layanan kepada peserta. Dengan adanya berbagai layanan, termasuk BPJS Kesehatan di MPP ini, harapannya masyarakat tidak perlu lagi datang ke tempat yang berbeda untuk mengurus kebutuhannya,"pungkasnya. (Julia)


Penulis : Editor Iustitia