logo loading

Sekilas Papua

Dansatgas Yonif 122/TS bersama Kelompok Tani Wembi Menanam Bibit Vanili

Jumat, 21 Juni 2024 Jayapura 149 Pengunjung

Dansatgas Yonif 122/TS bersama Kelompok Tani Wembi Menanam Bibit Vanili

Caption : Dansatgas Yonif 122 /TS Letkol Inf Diki Apriyadi bersama masyarakat Kampung Wembi Kabupaten Keerom menanam bibit vanili (foto : Pen Yonif 122/TS)

KEEROM (IUSTITIA PAPUA) - Satgas Pamtas Statis RI-PNG Yonif 122/TS Pos Wembi bersama Dansatgas Yonif 122/TS Letkol Inf Diki Apriadi,  melaksanakan kegiatan  penanaman bibit vanili untuk dibudidayakan kembali bersama kelompok tani  masyarakat di wilayah Kampung Wembi, Distrik Mannem, Kabupaten Keerom, Provinsi Papua, Kamis (20/6/2024).

 “Antusiasme  masyarakat terlihat sangat tinggi. Ini  bisa terlihat dengan hadirnya warga yang ramai untuk mempelajari serta memahami cara membudidayakan vanili. Sehingga bisa berbuah dengan maksimal, bibit vanili yang sudah disiapkan dan ditanamkan di titik-titik lahan yang disiapkan oleh Personel Satgas Yonif 122/TS bersama masyarakat Kampung Wembi,”kata Letkol Inf Diki .

  Lanjutnya vanili menjadi ciri khas tanaman yang berada di wilayah Papua, tanaman tersebut merupakan salah satu jenis tanaman penghasil bubuk vanili yang memiliki aroma harum dan manis, tanaman vanili memiliki nama latin vanilia planifola dengan bentuk buah penghasil bubuk berbentuk menyerupai kacang polong.

 Bubuk vanili biasa dijadikan pengharum makanan, dan bubuk tersebut bisa dihasilkan dari buahnya yang berbentuk polong.

Dansatgas Yonif 122/TS mengatakan, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat kampung Wembi, khususnya kepada kelompok tani, semoga dengan adanya kegiatan budidaya dan penanaman bersama bibit vanili dengan masyarakat, masyarakat kampung wembi bisa mendapatkan penghasilan tambahan serta meningkatkan ekonomi mereka.

Tak  lupa dirinya mengucapkan terimakasih karena masyarakat sangat antusias, ketika kegiatan berjalan dengan lancar. Sehingga hasil yang diharapkan sesuai dengan target bersama untuk meningkatan ekonomi yang berada di wilayah kampung Wembi.

 Sementara itu Adolof Buryam, salah seorang warga Wembi sangat berterimakasih kepada Satgas Pamtas Statis RI-PNG Yonif 122/TS. Karena  sudah membantu dan memberikan wawasan kepada kami tentang tata cara penanaman dan budidaya tanama vanili khususnya untuk masyarakat kampungnya. (Julia)


Penulis : Editor Iustitia