logo loading

Hukrim

Kebakaran di Pasar Youtefa Bermula Dari Motor Yang Sengaja Dibakar

Minggu, 07 Januari 2024 Jayapura 223 Pengunjung

JAYAPURA (IUSTITIA PAPUA) - Kabid Damkar Kota Jayapura Margareta V. Kirana, S.Sos,MH secara rinci menjelaskan kronologis kejadian kebakaran beruntun yang terjadi pada hari Minggu (7/1/2024) di seputaran Pasar Youtefa – Abepura.

Dijelaskannya, sekitar Pukul 06.24 WIT, titik kebakaran  di samping belakang Hotel Bunga Youtefa, Abepura – Kota Jayapura. Setidaknya kurang lebih  11 petak rumah milik Haji Mulyati yang berlokasi di RT 07 RW 06 Kel Waimhorock .

“Berdasarkan keterangan saksi, kebakaran bermula dari motor yang (kemungkinan) sengaja dibakar dan merambat ke bangunan tempat dimana motor tersebut diparkir,”ungkapnya.

Pihaknya telah menurunkan tiga unit mobil Damkar milik pemerintah kota, berupa 3 mobil Penyemprot dan 2 mobil AWC milik Polresta dan Brimobda.

“Berselang 20 – 25  menit dalam penanganan kebakaran pada titik diatas, terjadi kebakaran di titik kedua, Lantai 3 Hotel Bunga Youtefa didalam api. Belum jelas penyebab kebakaran,”terangnya.

Setidaknya dikerahkan dua armada ke Hotel Bunga Youtefa, sedang 1 unit diarahkan tetap di lokasi pertama.

“Baru penanganan 10 menit di Hotel Bunga Youtefa, terjadi kebakaran besar di dalam Pasar Youtefa bagian belakang (area pakaian cakar bongkar). Lebih dari 20 petak kios jualan di pasar Youtefa habis terbakar,”bebernya.

Selanjutnya armada damkar dibagi ke tiga lokasi yang berbeda. Pihaknya mengakui dalam memadamkan api, hambatan yang dijumpai,  akses jalan masuk,  lokasi yang terpisah dalam waktu yang relatif bersamaan serta keterbatasan jumlah armada. (Ani)


Penulis : Redaksi Iustitia Papua