logo loading

Pemilu

KPU Papua : Jangan Karena Politik Uang, Kita Bersaing Dengan Tidak Sehat

Rabu, 14 Agustus 2024 Jayapura 626 Pengunjung

KPU Papua : Jangan Karena Politik Uang, Kita Bersaing Dengan Tidak Sehat

Caption : Kegiatan Sosialisasi PKPU No 8 tahun 2024 yang dilakukan KPU Provinsi Papua jelang pembukaan pendaftaran Pilkada (foto : ist)

JAYAPURA (IUSTITIA PAPUA) –Suhu panas politik dengan tingkat ekskalasi yang semakin tinggi, mulai terlihat jelang pembukaan pendaftaran Para kandidat calon Gubernur – Wakil Gubernur Papua, Bupati – Wakil di delapan kabupaten dan Walikota – Wakil Walikota Jayapura oleh Komisi Pemilihan Umum pada tanggal 27 – 29 Agustus 2024.

  Namun demikian khusus untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Papua, KPU Papua memprediksikan ekskalasinya tidak begitu meningkat.  

 “Kalau tingkat provinsi, saya pikir ekskalasinya tidak begitu meningkat. Akan tetapi saat Pemilihan di kabupaten/kota untuk bupati dan walikota biasanya ekskalasinya justru yang lebih meningkat dan lebih tajam,”kata Ketua KPU Papua Steve Dumbon kepada redaksi di Jayapura baru – baru ini.  

 KPU Papua melihat jika ada dua atau tiga pasangan calon yang hendak maju, pasti ekskalasinya agak meningkat. Tetapi beda situasinya  saat Pileg dan Pilpres lalu dengan Pilkada.

“Yang pasti lebih tajam. Tapi saya yakin dan percaya Masyarakat Papua ini sudah dewasa. Mereka bisa memilih dengan cerdas. Karena saat ini yang dibutuhkan adalah orang – orang yang bisa membangun Papua. Jangan karena soal politik uang, lalu kita bersaing dengan tidak sehat. Saya yakin ekskalasinya meningkat. Tetapi situasinya pasti aman,”pungkasnya.

 Diketahui KPU Papua pada hari Selasa (14/8/2024) telah melakukan kegiatan sosialisasi PKPU No.8 tahun 2024 tentang Pencalonan Gubernur – Wakil Gubernur. Bupati – Wakil Bupati dan Walikota – Wakil Walikota. (Julia)


Penulis : Editor Iustitia