logo loading

Pemilu

Lima Kabupaten di Provinsi Papua Selesaikan Pleno Rekapitulasi Pemilu 2024

Minggu, 10 Maret 2024 Jayapura 734 Pengunjung

Lima Kabupaten di Provinsi Papua Selesaikan Pleno Rekapitulasi Pemilu 2024

Caption : Suasana Pleno rekapitulasi KPUD Provinsi Papua di Hotison Ultima Entrop (foto : ist)

JAYAPURA (IUSTITIA PAPUA) – Lima kabupaten di Provinsi Papua telah menyelesaikan Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Pemilu 2024.

 Kelima kabupaten itu diantaranya KPUD Sarmi, Supiori, Mamberamo Raya, Biak Numfor dan Keerom. Sementara saat ini sedang berjalan untuk KPUD Kabupaten Supiori pada hari Minggu (10/3/2024). Namun karena ada perbedaan dalam rekapitulasi, sehingga KPUD Waropen diberikan kesempatan untuk melakukan pembetulan.

 Akhirnya pleno diskorsing oleh KPUD Papua. Sehingga pleno akan kembali dilanjutkan pada hari Senin (11/3/2024) Pukul 10:00 WIT. Pleno KPUD Papua ini juga dapat ditonton pada saluran Youtube Streaming.

 Hari kelima pleno rekapitulasi ini juga serentak dilaksanakan di 3 DOB yakni Provinsi Papua Pegunungan, Papua Selatan dan Papua Tengah.

 Secara terpisah Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ignatius Benny Ady Prabowo, saat dihubungi via telepon mengatakan, Sabtu (9/3/2024) Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Pemilu 2024 tingkat Provinsi di Papua dan 3 DOB sedang berlangsung.

 Pihaknya berharap agar pelaksanaan pleno ini dapat berjalan dengan aman dan lancar sesuai jadwal yang telah ditentukan oleh KPU Papua.

“Sistem pengamanan yang dilakukan oleh Polda Papua baik di Papua dan 3 DOB tetap sesuai dengan Standart Operasional Prosedur (SOP) yakni di dalam dan diluar tempat Pleno untuk memastikan jalannya atau situasi aman dan kondusif,”terangnya.

 Prosedur keamanan sebelum peserta masuk ke ruang Pleno yang berlangsung di Lt 8 Horison Ultima Entrop, Jayapura Selatan. Dimana setiap orang yang akan memasuki ruangan pleno akan dilakukan pemeriksaan barang dan orang dengan mengunakan alat X Ray dan Sacdoor serta menggunakan hand metal dektector.

 Pemeriksaan ini dilaksanakan oleh Satgas Strerilisasi yakni dari Direktorat Pamobvit Polda Papua dipimpin AKP Fainal Saputra, S.H. sebagai Kasubsatgas Sterilisasi dan AKP Norce Marlissa sebagai Ketua Tim.

“Pengamanan rapat pleno terbuka tingkat Provinsi Papua dan 3 DOB yang dilaksanakan oleh Personel Polri Polda Papua dan jajaran Polresta Jayapura tersebut diantara bertujuan untuk memberikan rasa dan nyaman, sehingga kegiatan itu dapat berlangsung dengan lancar dan sukses,” jelasnya.

 Lanjutnya personel Polri yang melaksanakan tugas pengamanan tersebut, agar menampilkan sikap tampang (performance) yang menarik, humanis dan melaksanakan tugas sesuai SOP dan aturan perundang-undangan yang berlaku. (Julia)


Penulis : Editor Iustitia