logo loading

Pemilu

Pleno Rekapitulasi Pemilu 2024 KPUD Papua Masih Diskorsing

Rabu, 13 Maret 2024 Jayapura 316 Pengunjung

Pleno Rekapitulasi Pemilu 2024 KPUD Papua Masih Diskorsing

Caption : Suasana Pleno Rekapitulasi Suara Pemilu 2024 KPUD Provinsi Papua. Nampak dalam gambar KPUD Waropen saat membacakan pleno rekapitulasi hasil Pilpres dan Pileg di wilayahnya (foto : Ist)

JAYAPURA (IUSTITIA PAPUA) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua masih menskorsing sidang pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara pada Pilpres dan Pileg 2024. Yang dibuka sejak tanggal 5 Maret lalu, pada hari Selasa kemarin (12/3/2024) tidak ada jadwal untuk pleno. Dikarenakan 5 Komisioner KPU Papua melakukan supervisi ke KPU Kabupaten Jayapura dan pada hari Rabu (13/3/2024) melakukan supervisi ke KPUD Kota Jayapura.

   Terakhir pada hari Senin (11/3/2024) KPUD Waropen telah selesai menggelar pleno Tingkat provinsi.

  Diketahui tersisa 3 wilayah yang belum melakukan pleno Tingkat provinsi yakni KPU Kepulauan Yapen, Kabupaten/kota Jayapura.  

  Informasi yang diterima redaksi hari ini Rabu (13/3/2024) untuk lima komisioner KPUD Yapen belum tiba di Jayapura, dikarenakan dari ibukota kabupaten Serui menggunakan speeadboat ke Biak.

  Namun saat tiba di Biak sudah tidak ada penerbangan untuk ke Jayapura, sehingga terpaksa membatalkan keberangkatan menuju ibukota provinsi.

   Sementara untuk Kabupaten Jayapura tinggal PPD Kaureh saja yang belum melakukan pleno Tingkat kabupaten. “Kemungkinan malam ini selesai,”terang sumber redaksi.

   Sementara untuk Kota Jayapura sampai saat ini belum selesai juga, karena mash ada Pemungutan Suara Lanjutan (PSL) di TPS 37 dan 39 di Distrik Heram.

   Sebelumnya Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ignatius Benny Ady Prabowo, saat dihubungi via telepon Senin (11/3/2024) mengatakan dari pantauan di lapangan Pelaksanaan Rapat Pleno di Papua dan 3 DOB berjalan dengan aman dan kondusif.

  Dari hasil laporan yang diterima sampai hari ini Kabupaten atau Kota yang telah melaksanakan Pleno tingkat Provinsi.

  Untuk Provinsi Papua yakni Kabupaten Sarmi, Supiori, Mamberamo Raya, Biak Numfor, Keerom dan Waropen.

 Provinsi Papua Selatan yakni Kabupaten Merauke, Boven Digoel, Mappi, Asmat.

“Untuk Provinsi Papua Tengah yakni Kabupaten Nabire, Intan Jaya, Dogiyai, Deiyai dan Paniai. Sementara Provinsi Papua Pegunungan yang baru melaksanakan pleno rekapitulasi yakni Kabupaten Mamberamo Tengah dan Yalimo,”paparnya.

 Sementara itu untuk personel yang melaksanakan Pengamanan Rapat Pleno merupakan personel yang terlibat dalam Operasi Mantap Brata Cartenz 2023-2024.

 Selain melaksanakan pengamanan di tempat pleno personel yang terlibat operasi juga melaksanakan Patroli ditempat – tempat  yang dianggap rawan terjadinya tindak criminal.  

“Kami sampaikan bahwa personel yang melaksanakan tugas di lapangan tersebut untuk memastikan situasi Kamtibmas di wilayah hukum Polda Papua berjalan aman dan kondusif,”ujarnya.

 Untuk itu pihaknya terus memberikan edukasi kepada Masyarakat agar bersama-sama menjaga Kamtibmas di lingkungannya masing-masing.

 Apabila  ada indikasi gangguan Kamtibmas agar menyampaikan atau melaporkan ke Bhabinkamtibmas atau Babinsa. (Julia)


Penulis : Editor Iustitia