logo loading

Pemilu

Proses Rekapitulasi di KPU Provinsi Papua dan Pegunungan Masih Berlangsung

Sabtu, 16 Maret 2024 Jayapura 371 Pengunjung

Proses Rekapitulasi di KPU Provinsi Papua dan Pegunungan Masih Berlangsung

Caption : Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ignatius Benny Ady Prabowo dan suasana rapat terbuka Pleno KPUD di wilayah Papua (ist)

JAYAPURA (IUSTITIA PAPUA) - Pelaksanaan rapat pleno terbuka untuk rekapitulasi hasil penghitungan suara pemilu 2024 di tingkat provinsi Papua dan Papua Pegunungan masih berlangsung, Sabtu (16/3/2024).

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Ignatius Benny Ady Prabowo,  dalam konfirmasinya via telepon, mengatakan proses rekapitulasi pada dua provinsi ini masih berjalan.

Menurutnya, beberapa daerah di Papua telah melaksanakan pleno tingkat provinsi, seperti Kabupaten Sarmi, Supiori, Mamberamo Raya, Keerom, Biak Numfor, Waropen dan Kepulauan Yapen.

Namun untuk Kota dan Kabupaten Jayapura masih menunggu giliran untuk melakukan pleno tingkat provinsi.

 Kemudian untuk KPU Papua Pegunungan, kabupaten Mamberamo Tengah, Yalimo, dan Pegunungan Bintang sudah melaksanakan pleno tingkat provinsi.

 “Hari ini, Kabupaten Yahukimo sedang melaksanakan pleno tingkat provinsi. Untuk KPUD Papua Selatan dan Papua Tengah sudah menyelesaikan pleno tingkat provinsinya,”jelasnya.

 Khusus KPUD Papua Selatan pada hari Jumat (15/3/2024) telah selesai menyelesaikan pleno rekapitulasi Tingkat nasional di KPU RI.  

 Kemudian untuk KPU Provinsi Papua Tengah juga telah selesai menggelar pleno Tingkat provinsi dan pada hari Sabtu (16/3/2024) bertolak menuju Jakarta untuk pleno rekapitulai Tingkat nasional.  

 Selanjutnya Kabid Humas berharap kedua provinsi yang tersisa segera melaksanakan pleno tingkat provinsi, agar dapat melanjutkan ke tingkat selanjutnya sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

“Kami selaku Polda Papua terus mengawal jalannya tahapan Pemilu 2024 untuk memastikan bahwa setiap tahapan yang dilakukan oleh para penyelenggara dapat berjalan dengan aman dan lancar. Personel keamanan akan terus disiagakan hingga seluruh tahapan pelaksanaan selesai,”ujarnya.

 Untuk itu dirinya mengajak seluruh elemen masyarakat untuk mendukung setiap tahapan pelaksanaan pleno agar dapat berjalan dengan aman dan kondusif.

 Dirinya menekankan agar tidak mudah terprovokasi oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab, serta bersama-sama menjaga kondusifitas kamtibmas di wilayah Papua dan tiga daerah otonomi baru (DOB). (Julia)


Penulis : Editor Iustitia