logo loading

Kesehatan

Sebastianus Tamulene Apresiasi Kinerja Satu Dekade BPJS Kesehatan

Jumat, 12 Juli 2024 Jayapura 79 Pengunjung

Sebastianus Tamulene Apresiasi Kinerja Satu Dekade BPJS Kesehatan

Caption : Peserta JKN Sebastianus Tamulene (foto : ist)

JAYAPURA (IUSTITIA PAPUA) – Pengalaman menarik datang dari Sebastianus Tanulene, seorang Pegawai Negeri Sipil yang bekerja di Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Jayapura.

 Stevanus menceritakan pengalaman memuaskannya dengan layanan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) saat berkunjung ke Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS Kesehatan) Cabang Jayapura, Senin (7/7/2024).

 Ia datang ke Kantor BPJS Kesehatan Cabang Jayapura untuk mengaktifkan kembali kepesertaan JKN anaknya yang telah berusia 21 tahun.

  Tinggal  di Argapura Resimen, Jayapura, berasal dari Tanimbar, Maluku Tenggara, menjelaskan anaknya masih menjadi tanggungan untuk kuliah harus diaktifkan kembali kepesertaannya setelah sempat diberhentikan sementara.

  ”Di kantor BPJS Kesehatan, saya pertama kali diminta melengkapi berkas-berkas atau persyaratan yang diperlukan. Petugas BPJS Kesehatan menjelaskan dengan jelas prosesnya, dan kepesertaan anak saya langsung bisa diaktifkan kembali dengan cepat,"terangnya.

 Dirinya mengaku puas dengan pelayanan yang diberikan, menurutnya pelayanan administrasi yang diberikan BPJS Kesehatan sangat terorganisir dengan baik. Sebastianus juga memuji  petugas yang ada di loket pelayanan karena memberikan penjelasan dengan ramah dan menjelaskan setiap langkah dengan artikulasi yang baik sehingga mudah dimengerti.

 ”Intinya, saya puas karena prosesnya cepat, mudah, dan pelayanan petugasnya ramah,"imbuhnya.

  Selain itu, juga pengalamannya yang menyenangkan dengan penggunaan aplikasi Mobile JKN, dengan kemajuan teknologi di era saat ini. BPJS Kesehatan mampu beradaptasi dan memberikan pelayanan melalui Aplikasi yang super lengkap, seperti Mobile JKN.

  ”Dengan aplikasi mobile JKN, saya bisa mendaftar dan menunggu nomor antrian tanpa harus mengantri lama di rumah sakit. Ini sangat membantu, terutama bagi saya yang bekerja sebagai PNS,"akunya.

  JKN, telah banyak membantu dirinya dan keluarganya dalam mendapatkan pelayanan kesehatan yang memadai. Dengan lima anggota keluarga, mereka selalu menggunakan JKN saat berobat.

   Dirinya terbantu dengan JKN saat menjalani operasi batu ginjal, sehingga tanpa harus mengeluarkan biaya sedikitpun.  

   ”Dulu saya dioperasi karena dicurigai ada batu ginjal. Semua berjalan sesuai jadwal yang direncanakan dokter, dan saya tidak perlu mengeluarkan uang karena semua ditanggung oleh BPJS Kesehatan. Ini luar biasa dan ini menjadi salah satu bukti nyata manfaat BPJS Kesehatan,”ceritanya.

   Pengalaman Sebastianus ini mencerminkan bagaimana BPJS Kesehatan terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan mereka untuk memberikan jaminan kesehatan terbaik bagi masyarakat Indonesia.

   Menanggapi hal tersebut, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Jayapura, Deny Jermy Eka Putra Mase mengatakan pengalaman yang diceritakan dari Sebastianus adalah umpan balik positif bagi BPJS Kesehatan untuk terus berkomitmen memberikan pelayanan yang terbaik.

”Pelayanan yang cepat, mudah, dan setara telah menjadi motto BPJS Kesehatan untuk selalu ditanamkan ke setiap Duta BPJS Kesehatan. Oleh karena itu, umpan balik positif Bapak Sebastianus menjadi salah satu hadiah ulang tahun yang indah kepada BPJS Kesehatan yang ke-56,” kata Deny.

  Diakhir sesi, Deny menyampaikan harapannya semoga di usia BPJS Kesehatan yang ke-56 nanti di tanggal 15 Juli 2024, BPJS Kesehatan bisa untuk terus maju dan memberikan yang terbaik bagi penyelenggaraan JKN di Indonesia.

   ”Pada tanggal 15 Juli 2024 nanti, satu Dekade Program JKN telah berhasil kami lewati, harapan saya semoga BPJS Kesehatan tetap kuat dan berkualitas untuk Indonesia yang semakin sehat,”pungkasnya. (ist/Julia)


Penulis : Editor Iustitia